Kamis, 19 November 2015

Sea World Ancol

 
Wisata dunia laut  merupakan salah satu bentuk dari keindahan karunia ciptaan Tuhan di Indonesia. Menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun wisatawan asing tentunya sudah menjadi hal yang luar biasa. Begitu pula dengan saya diperjalan wisata kali ini. pesona kekayaan alam dibawah air selalu menarik perhatian untuk dijelajahi. Akan tetapi, dikarnakan waktu dan kondisi yang tidak memungkin untuk menjelajahi keindahan dunia laut secara langsung. saya dan keluarga memutuskan untuk mengunjungi seaworld Indonesia yang berada di daerah Ancol sebagai alternative liburan kami.

Seaworld Indonesia ini memperkenalkan kita terhadap biota air tawar dan biota air laut di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Utara. Dengan membayar tiket sebesar Rp 80.000 per orang (hari kerja), Rp 90.000 per orang (hari libur). Khusus hari libur besar pengunjung harus membayar lebih sebesar Rp 100.000 per orang. kita dapat melakukan destinasi wisata akuarium dengan warna-warni biota laut. Seaworrld Indonesia memiliki 1 terowongan akuarium panjang dan 24 akuarium yang berisi biota air tawar dan biota air laut di dalam bangunan utama seluas 4.500 meter persegi. Jadi tempat ini cocok bagi anda untuk berlibur serta memperkenalkan kepada putera-puteri anda tentang bermacam biota laut.

Saat pertama masuk ke dalam ruang utama SeaWorld, kami lebih dulu disambut dinding relief yang mengisahkan nenek moyang kita sebagai seorang pelaut. Bagi anda pencinta selfie disarankan membawa kamera yang tersedia flashlight atau alat penerang karna Suasan glow in the dark terasa sekali di sana. Barulah kami disuguhhkan dengan aneka akuarium yang berisi ribuan warna-warni ikan laut, air tawar hingga laut dingin. Ada juga coral, giant octopus, kepiting laba-laba raksasa, lion fish, dan nautilus biota yang dinyatakan fosil hidup. Selain itu terdapat juga berbagai akuarium yang tidak biasa anda lihat seperti akuarium air tawar Aquarest yang bertema hutan hujan tropis, akuarium yang berisi biota-biota dari Sungai Amazone, Amerika Selatan. Ada juga akuarium bayi ikan piranha, akuarium bertema mangrove pesisir pantai, Aquascape, akuarium miring sampai akuarium mobil pun ada. Jadi anda tidak akan merasa jenuh dengan pemandangan disana.

SeaWorld Indonesia sudah lama punya sepasang mamalia duyung diambil dari Sulawesi Tenggara. Akhir tahun 2013 lalu, SeaWorld Indonesia baru kedatangan biota hiu terganas nomor 6 di dunia yaitu hiu kepala martil, berjumlah 10 ekor yang didatangkan dari Taiwan. Lalu Ada ikan-ikan karang dari ukuran kecil sampai besar ada, jumlahnya kurang lebih 21.000 ikan. Ada ikan kakap, pari, penyu, ada hiu juga di sini. jadi untuk keseluruhan ada berapa kira-kira jumlah seluruh ikan yang berada di  SeaWorld Indonesia ya hehehe … Itulah satu pertanyaan retorik yang membuat saya penasaran saat mengelilingi tempat ini sebenarnya.

 Sepuas melihat 24 akuarium di bagian tengah ruangan, saatnya masuk ke dalam terowongan akuarium sepanjang 80 meter berjuluk Terowongan Antasena. Terowongan berbentuk cekung itu berisi 45 spesies biota laut dan jadi magnet bagi wisatawan. Berjalan di dalamnya, Anda dibuat gemas saat melihat saat dugong, pari, hammerhead shark dan  ikan-ikan berenang bebas menjadi satu, apalagi kalau melihat ikan besar belalu lalang di atas kepala. Menurut cerita orang-orang kaca akuarium ini sangat tebal sehingga tidak akan mudah pecah bahkan bila terkena peluru dari senjata api sekalipun.

Air yang mengisi seluruh akuarium di SeaWorld Indonesia berasal dari air laut Ancol yang difilterisasi terlebih dulu. Volume air Terowongan Antasena berisi 5.000 liter air. Ternyata di dalam terowongan ini pengunjung juga bisa menyelam di sini dengan biaya tambahan Rp 700 ribu selama 1 jam lho. Tak sekedar akuarium cantik, pengunjung dapat menyentuh biota laut seperti hiu, penyu dan bintang laut di kolam sentuh berjuluk Touch Pool. Jadi pengunjung bisa beinteraksi langsung agar lebih kenal dekat dengan mereka, tentunya dengan cara sentuh yang benar. Walaupun biaya yang harus dikeluarkan relative mahal dipastikan anda tidak akan menyesal karna anda akan mendapatkan pengalaman baru yang tidak akan dilupakan.

Selain itu anda juga dapat melihat Feeding show pertama yakni memberi makan mamalia duyung pada pukul 09.15 WIB, 11.30 WIB dan 14.30 WIB. Lalu ada feeding show di area kolam sentuh, terutama memberi makan penyu dengan tongkat pukul 10.00 WIB, 13.30 WIB dan 17.00 WIB. Traveler juga bisa ikut memberi makan di area Touch Pool lho. Ada juga feeding show utama yakni memberi makan 21.000 ekor ikan di akuarium terowongan utama sehari 2 kali yaitu pagi dan sore hari, oleh 2 penyelam yang masuk ke terowongan. Ikan hiu juga diberi makan satu kali pada pukul 14.00 WIB saat weekday dan pukul 15.00 WIB saat weekend.
 Banyak dari pengunjung yang tidak menyadari bahwa didalam SeaWorld Indonesia terdapat museum ikan yang menjadi rumah ikan-ikan awetan yang pernah hidup di akuarium SeaWorld. Ada 2 jenis awetan ikan kering dan awetan ikan basah. Koleksi paling ikonik di dalam museum adalah ikan Pari Mas raksasa. Selain itu terdapat kolam besar ditengah ruang yang berisikan ikan-ikan kecil, bintang laut dan ubur-ubur sehingga mengingatkan saya kepada salah satu program kartun disalah satu stasiun tv swasta.  


SeaWorld Indonesia memiliki 3 konsep yaitu hiburan, pendidikan dan konservasi. Jadi kita memelihara biota di sini kita perlakukan sesuai dengan habitat mereka agar mereka bertahan hidup dan berkembang biak. Walaupun saat ini di Asia Tenggara semakin banyak yang memikat wisatawan. Tetapi SeaWorld Indonesia di Ancol, Jakarta tetap menjadi istana biota yang tidak pernah hilang pesonanya. Jadi sudah semestinya kita  turut bangga akan hal tersebut. Maka dari itu mari kita mendukung pengembangan pariwisata di Indonesia agar tidak kalah dengan negara lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
YOUR HOLIDAY PLACE Blogger Template by Ipietoon Blogger Template